Jumat, 05 Oktober 2012

TUGAS 1 Etika Profesi Akuntansi#


1.      Apakah yang dimaksud dengan kode etik ? Berikan Contohnya !
·         Definisi Kode Etik :
Kode :
(1) tanda (kata-kata, tulisan) yg disepakati untuk maksud tertentu (untuk menjamin kerahasiaan berita, pemerintah, dsb)
(2) kumpulan peraturan yg bersistem
(3) kumpulan prinsip yg bersistem
  
Etik adalah :
(1) kumpulan asas atau nilai yg berkenaan dng akhlak
(2) nilai mengenai benar dan salah yg dianut suatu golongan atau masyarakat

Kode Etik adalah norma dan asas yg diterima oleh kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku. Jadi kode etik pada hakikatnya adalah memuat aturan-aturan atau norma-norma yang dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas fungsi semua orang yang terlibat dalam suatu organisasi.
 
·         Contoh Kode Etik :

# Kode Etik Pengguna Internet :
·         Menghindari dan tidak mempublikasi informasi yang secara langsung berkaitan dengan masalah pornografi dan nudism dalam segala bentuk.
·         Menghindari dan tidak mempublikas iinformasi yang memiliki tendensi menyinggung secara langsung dan negative masalah suku, agama dan ras (SARA), termasuk didalamnya usaha penghinaan, pelecehan, pendiskreditan, penyiksaan serta segala bentuk pelanggaran hak atas perseorangan, kelompok/ lembaga/ institusilain.
·         Menghindari dan tidak mempublikasikan informasi yang berisi Instruksi untuk melakukan perbuatan melawan hukum(illegal) positif di Indonesia dan ketentuan internasional umumnya. 

 # Kode Etik Guru
·         “ Guru memiliki kewajiban untuk membimbing anak didik seutuhnya dengan tujuan membentuk manusia pembangunan yang pancasila”. Inilah bunyi kode etik guru yang perrtama dengan istilah “bebakti membimbing” yang artinya mengabdi tanpa pamrih dan tidak pandang bulu dengan membantu (tanpa paksaan, manusiawi). Istilah seutuhnya lahir batin, secara fisik dan psikis. Jadi guru harus berupaya dalam membentuk manusia pembangunan pancasila harus seutuhnya tanpa pamrih.

                          
2.      Etiskah anda jika menggunakan mobil dinas untuk kepenyingan pribadi? Berikan alasannya !
Jawab : Tidak, karena mobil dinas adalah mobil yang diberikan untuk kepentingan pekerjaan.

Referensi:


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar